Teknik-teknik Dalam Permainan Bola Voli

Bermain bola voli membutuhkan teknik-teknik tertentu, jadi pemain pun tidak bisa memukul bola seenaknya.

adaԃjepara ©2023 design ȴ fehL

Dilansir dari laman resmi Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), pengertian rotasi adalah pergeseran posisi pemain yang dilakukan saat tim mendapatkan giliran melakukan servis setelah memenangi sebuah rally atas tim lawan.

Setidaknya ada empat teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemain, yaitu, service, passing, smash, dan juga blocking.

Service adalah salah salah satu teknik memukul bola, dimana bola voli tersebut harus melewati net menuju area lawan. Biasanya target pukulan service ini mengarah ke area lawan yang kosong atau pemain lawan yang terlihat kurang lincah, sehingga lawan tidak mampu menguasai bola dan bola jatuh ke area lawan yang menyebabkan tim kawan mendapatkan tambahan poin.

Jenis jenis service sebagai berikut :

Teknik servis bawah biasanya sering dilakukan oleh pemain pemula karena teknik ini adalah teknik yang paling mudah dan umum digunakan.

Teknik servis bawah biasanya sering dilakukan oleh pemain pemula karena teknik ini adalah teknik yang paling mudah dan umum digunakan.

Teknik yang satu ini menggunakan cara, pemain berdiri dengan menekuk lutut dan salah satu kaki di depan, pegang bola dengan kedua tangan serta lambungkan dengan tangan kiri ke atas setinggi 1 cm. Tarik tangan kanan ke belakang dengan tangan menghadap ke depan, posisikan tangan tetap lurus dan semua badan ikut bergerak dan pindahkan beban tubuh ke depan.

Caranya yaitu pemain berdiri dengan merapatkan kaki, bola dipegang dengan kedua tangan dengan melambungkan ke atas, dan ketika itu lakukan tolakan dengan satu kaki ke depan, setelah mendapatkan lompatan yang optimal lalu pukullah dengan memindahkan berat tubuh ke depan sehingga mendarat dengan baik.

Passing merupakan upaya yang dilakukan oleh seorang pemain untuk memberikan bola ke teman satu timnya. Untuk teknik passing yang tepat untuk melancarkan penyerangan yang akan menghasilkan poin maka ada dua teknik yaitu :

Caranya, berdiri dengan membuka kaki selebar bahu, rapatkan kedua lengan, ayunkan lengan bersamaan sampai setinggi bahu, lakukan passing dengan lengan mengayun tidak lebih 90 derajat dengan bahu.

Teknik ini menggunakan cara, pemain berdiri dengan tubuh siap dengan meregangkan kedua kaki selebar bahu dengan menekuk lutut sehingga badan merendah dan bungkuk. Saat bola datang tempatkan badan di bawah bola, tangan diangkat dengan jari merenggang, tegangkan jari supaya bola memantul dengan baik, sedikit angkat tumit, luruskan kedua lengan dan pandang mengikuti ke arah gerakan bola.

Smash merupakan memukul bola dengan menggunakan kekuatan penuh sambil melompat.

Teknik ini merupakan urutan ketiga dari Passing Bawah, Passing Atas, dan Smash.

Dalam smash ini harus dilakukan dengan menghasilkan serangan yang keras dan menukik agar tidak bisa diterima oleh tim lawan dan tim yang melakukan smash ini mendapatkan poin. Dalam teknik smash ini terdapat bagian yang terbagi menjadi empat (4) yaitu Smash Awalan, Smash Tolakan, Smash Pukulan, dan Smash Pendaratan.

Teknik ini merupakan teknik terakhir atau penutup dalam permainan bola voli. Teknik ini digunakan untuk menahan dan mencegah serangan dari tim lawan. Teknik ini menggunakan pertahanan dengan kedua tangan dengan lompatan yang tinggi gunanya untuk menahan bola supaya tidak masuk ke daerahnya.

Terima Kasih sudah berkunjung diblog ini dan jika ada kekurangan atau masukan dalam postingan ini bisa ditulis pada kolom komentar. Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar

kagak dikomen nih..?

Lebih baru Lebih lama

semua tentang adaÔƒjepara

bantu kami sempurnakan blog

bangun komunitas disini

kirim saran & kritikmu

نموذج الاتصال