Kuliner & Makanan Khas Jepara

Makanan Khas Daerah adalah makanan yang biasa dikonsumsi di suatu daerah dan cocok dengan lidah masyarakat setempat.

adaԃjepara ©2023 design ȴ fehL

Makanan dapat dikatakan sebagai makanan khas daerah apabila makanan tersebut merupakan warisan dan ciri khas dalam suatu daerah. Biasanya dipengaruhi oleh ketersediaan bahan baku dan daerah tempat tinggalnya, sehingga setiap daerah memiliki ciri khas makanannya masing-masing.

Berikut BEBERAPA MAKANAN KHAS yang ada di Jepara :


Kagape Kambing adalah kambing yang dimasak kagape.

Soto biasanya menggunakan daging ayam, tetapi soto bumbu menggunakan babat, usus, dll.

Sate Cecek atau di sebut juga Sate Kikil adalah sate dengan bahan dasar kikil.

Horok-horok adalah tepung sagu yang dikukus. Setelah masak dituang dalam tempayan dan diaduk dengan sisir. Sehingga walaupun kenyal dan liat,namun bentuknya menjadi butiran-butiran kecil menyerupai sterofoam. Untuk menambah rasa, bisa ditambahkan sedikit garam dan dimakan sebagai campuran bakso, gado-gado, pecel, atau sate kikil.

Hoyok-hoyok atau disebut juga Oyol-Oyol terbuat dari tepung tetapioka di campur dengan air dan ketela, setelah jadi di hidangkan dengan tambahan parutan ketela. Hoyok-hoyok adalah versi manis dari Horok-Horok.

Gethuk Pero mudah di temukan di Karangrandu.

Brayo adalah buah dari mangrove jenis si api-api. cara penyajian adalah Brayo di rendam dalam air kapur selama seharian, lalu di masak selama seharian, setelah matang di sajikan dengan parutan Kelapa.

adalah kerupuk yang berbahan baku menggunakan daging Ikan tengiri dan tepung cangkang kijing.

adalah kerupuk yang berbahan baku menggunakan daging Ikan Kerapu.

Kacang tanah yang masih ada kulitnya alias belum di kupas kulitnya, di sangrai dengan pasir putih sampai warna kulit kacang menjadi kehitaman.

Kopi Tempur adalah kopi yang berasal dari Tempur, Kopi ini adalah komoditas ekspor kemancanegara. Kopi Tempur kini tidak hanya ada di warung kopi Keling, tetapi sudah masuk kehotel-hotel di Jepara salah satunya adalah BayFront Villa.

Kopi Damarwulan adalah kopi yang berasal dari Desa Damarwulan. Selain Kopi Tempur, Kopi ini juga merupakan komoditas ekspor kemancanegara. Kopi Damarwulan kini tidak hanya ada di warung kopi di Kecamatan Keling, tetapi sudah masuk hotel dan cafe di Jepara.

Kopi Dapur Kuwat adalah kopi yang terbuat dari campuran macam-macam kopi unggul di Jepara yaitu: Kopi Damarwulan, Kopi Tempur, Kopi Kunir, Kopi watuaji. Karena Kopi Dapur Kuwat tercipta dari macam-macam kopi unggul di jepara maka rasa yang tercipta begitu nikmat.

Terima Kasih sudah berkunjung diblog ini dan jika ada kekurangan atau masukan dalam postingan ini bisa ditulis pada kolom komentar. Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar

kagak dikomen nih..?

Lebih baru Lebih lama

semua tentang adaÔƒjepara

bantu kami sempurnakan blog

bangun komunitas disini

kirim saran & kritikmu

نموذج الاتصال